Ayam Tinorangsak (Masakan Menado)

Description:
Resep ini paling sering aku masak krn gampang, cepat dan sehat. Tanpa santan apapun tapi rasanya seperti gulai bahkan lebih enak krn hampir smua bumbu masakan dilibatkan dan ditambahkan daun kemangi yg bikin makanan tambah harummmmmm…….mmmm!

Ingredients:
500 gram daging ayam tanpa tulang (fillet)
3 sdm minyak goreng, untuk menumis

Tumbuk Kasar / blender:

15 buah cabai merah keriting
5 butir bawang merah
3 cm jahe

1 buah bawang Bombay, iris tipis
1 batang serai, iris tipis
4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, iris tipis
200 ml air
garam & gula secukupnya
4 tangkai kemangi, ambil daunnya
2 batang daun bawang, iris kasar

Directions:
1. Potong-potong daging ayam. Sisihkan. Tumis bumbu yang ditumbuk kasar, bawang Bombay, serai, dan daun jeruk sampai harum dan matang.
2. Masukkan daging ayam, air, garam, dan gula, aduk rata. Masak sampai ayam matang dan kuah tinggal sedikit. Masukkan daun kemangi dan daun bawang, aduk sebentar , angkat.

10 thoughts on “Ayam Tinorangsak (Masakan Menado)

  1. tintin1868 said: huuuaaahhh orang manado toh?tinorangsak emang kaya gule tapi bukan gule.. iya kemanginya yang bikin enak..

    bukan kok….mertua yg orang menado dan suami suka banget. jadi sering bikin dan gampang…;)

  2. ayam sering ku bikin woku.. juga tuturuga.. asli kalu banyak kemangi enak banget.. tapi ku ga gitu suka kalu kemanginya layu.. biasanya abis matikan api baru kasih kemangi.. jadi wanginya lama..

  3. tintin1868 said: ayam sering ku bikin woku.. juga tuturuga.. asli kalu banyak kemangi enak banget.. tapi ku ga gitu suka kalu kemanginya layu.. biasanya abis matikan api baru kasih kemangi.. jadi wanginya lama..

    oh gitu yah…kl dirumah bikin resep ini, pst gk bisa lama-lama. langsung tandas…hehehe!

  4. sorayalannazia said: oh gitu yah…kl dirumah bikin resep ini, pst gk bisa lama-lama. langsung tandas…hehehe!

    ngana pe suami nyong manado deng.. pasti habis lah..

  5. tintin1868 said: ngana pe suami nyong manado deng.. pasti habis lah..

    hhihihihi….emang. pdhl ayahnya batak dan ibunya menado. jadi anaknya suka berbagai macam makanan yg pedassss. harus ada sambal tiap hari. sedangkan aku cuma ngencessss krn harus mengurangi sambal selama hamil dan menyusui…huhuhu!

  6. sorayalannazia said: hhihihihi….emang. pdhl ayahnya batak dan ibunya menado. jadi anaknya suka berbagai macam makanan yg pedassss. harus ada sambal tiap hari. sedangkan aku cuma ngencessss krn harus mengurangi sambal selama hamil dan menyusui…huhuhu!

    batak manado? ya ampooooonnnn, arsik ikan mas dan tinutuan, mantap tuh dipadu.. ku suka tuh sambal andaliman.. gapapa sebenernya kalu mo pedes bagi ibu hamil, asal ga kebanyakan saja toh..

  7. tintin1868 said: batak manado? ya ampooooonnnn, arsik ikan mas dan tinutuan, mantap tuh dipadu.. ku suka tuh sambal andaliman.. gapapa sebenernya kalu mo pedes bagi ibu hamil, asal ga kebanyakan saja toh..

    nah …itu suka tidak bisa menahan diri…….wakakkakakk. belum pinter bikin begituan. nnt kalo udh dirumah sendirian, baru terpaksa bikin…kikikiki….selama masih numpang. ikut yg punya rumah :p

  8. tintin1868 said: kalu arsik sering ku bikin loh..😀 apalagi kalu ada arisan..

    huhhuhu…udh diajarin sm mertua, tp aku blm pinter bikinnya. pdhl kyknya gampang yah!ayooo…..kumpulkan niattttt!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s