Trauma itu…

Kemarin ada rapat untuk survey tempat acara “Buber MPers 2006” di Buku Kafe, Margonda, Depok.
Banyak yang nanya kenapa aku gak naik aja bus utk sampai ke lokasi daripada harus cari tebengan dulu.
Aku bil “aku punya pengalaman sangat tidak menyenangkan naik bus”
Dan mereka menanyakan apa itu.

Dan mulailah aku bercerita…

Semua pelecehan seksual yang bisa terjadi di bus sudah aku rasakan hampir semuanya terjadi selama kuliah 3,5thn.

Dari …

  • Ketemu excibionis dan membuatku harus turun dgn segera
  • Dicopet dompet dan hpku
  • Dipepet sm kakek-kakek tua (kena “itunya”) padahal ruang gerak di bus itu cukup luas dan membuatku harus turun dari bus itu
  • Dipegang pinggangnya sewaktu si kondektur mau menaikkan aku, padahal tidak perlu sebegitunya
  • Pernah diikutin sm org psikopat yang ngikutin dan memandang diriku dgn senyumnya yg menakutkan itu. Bisa lolos dgn naik ke bus penuh dan keluar ditengah perjalanan dgn cepatnya sampai dia tidak sempat utk turun disitu.
  • Dipegang pinggangnya sewaktu si kondektur mau mengeserkan penumpangnya ketengah, padahal ada sang pacar berdiri disebelahku dan membuatnya marah besar dan mengajak berantem si kondektur (padahal udh milih pacar tinggi tegap, hitam dan dari medan…tetep aje gak ngaruh)
  • Terakhir dan yang paling mengerikan adalah dipegang dadaku!

Padahal aku sudah mulai untuk belajar pakai jilbab (alasan terbesarku untuk pake jilbab adalah utk menghindari pelecehan seksual yg kerap terjadi sm diriku), mungkin jilbabnya masih diiket kebelakang dan membuat bagian dadaku terlihat.

Rasanya waktu itu, badan langsung lemes, kepengen nangis dan tidak kuat utk berteriak!

Memang rata-rata aku mengalami hal ini pada saat menaiki bus tanpa AC yg penuh itu. Aku waktu pilih bus itu krn terburu-buru takut terlambat kuliah atau bus AC yg jarang datang itu penuh, terpaksa memilih bus tanpa AC ini.


Makanya sejak itu, aku enggan dan berusaha sebagaimana mungkin utk tidak naik bus, dan akhirnya bisa punya mio tersayangku


Jadi jangan sangka aku gadis manja yg tak mau naik bus, ini semata-mata krn traumaku. Kalau gadis manja jg gak berani naik mio sendirian kemana-mana


Dan aku bertanya “kok temenku yg bahenol, asoy geboy jarang dikerjain begitu yah?”
Kata istri uda barens “aya mungkin punya aura yg bikin para lelaki mau deketin aya”
Wakakakakkakkk…aura wanita yang mengoda iman para lelaki biarpun sudah pake jilbab

Aduh…gak ngerti deh!
Pdhl seumur hidup gak pernah pake tank top, baju seksi yg belahan dadanya rendah, baju ketat bgt (krn aku gak PD dgn badan sedikit gemuk ini) ataupun baju atau bentuk pakaian lain ditempat umum yg bisa membuat aku target sasaran mereka itu.


Mungkin ini merupakan perjalanan spiritualku yang membuat diriku terpanggil untuk mengunakan jilbab yang membuatku terasa aman, nyaman dan terlindungi.
Paling digodain dgn sahutan “Assalamualaikum”
Atau mereka hanya menghentikan langkahnya, berusaha melihatku beberapa kali atau berusaha untuk berhenti didepanku.
Seperti sewaktu aku memarkirkan mioku diparkiran dan agak risih dgn berbagai mata yg memandang saat itu.


Kepengen retired naik mio nih dan naik busway!
Capek jg naik motor dibawah panas dan macet yg sekarang ini gak ketulungan!!!
Smoga busway aman-aman aja yah
Maunya sih ada yg antar-jemput gratisan gitu …hehehehe

79 thoughts on “Trauma itu…

  1. Hiks sedih ya kalau ingat pelecehan2 yang sekarang terus terjadi di kendaraan umum seperti is dan krl…;(Semoga cepat datang tuh yang akan mengantar jemput gratis itu ;D

  2. blackpro said: waktu itu saya dari kampus mau ke bogor naik KRL pasti tau kan kalo keadaan KRL pas sore hari wuih…dah kayak ikan peda deh kita di dalemnya….trus tiba2 temen saya nyuruh turun di stasiun berikutnya padahal kan kita belum sampai bogor, ya udah karena dia maksa kita pada turun…nah pas dia turun dia baru cerita kalo “anunya” itu di elus2 ama cowok disebelahnya…spontan aja kita semua pada ketawa…

    wakkaakkaakkaakkakkk……..itu temennya gak minta nambah ;pkenapa yah kl laki-laki yg kena pelecehan seksual gak dianggap terlalu crucial ;p

  3. helvytr said: Hiks sedih ya kalau ingat pelecehan2 yang sekarang terus terjadi di kendaraan umum seperti is dan krl…;(Semoga cepat datang tuh yang akan mengantar jemput gratis itu ;D

    iya bunda tambah seremuntung sekarang banyak dibuat motor jetmatic utk wanita ;Ddoain yah bunda biar cepet dapet supirnya ;p

  4. sorayalannazia said: kenapa yah kl laki-laki yg kena pelecehan seksual gak dianggap terlalu crucial ;p

    karena eh..karena…masa sih ada cewek yang melecehkan pria walaupun ada kasusnya sangat dan sangat jarang sekali lagi…itu pendapat gw…tapi nyambung gak sih ya….lier wei…

  5. blackpro said: karena eh..karena…masa sih ada cewek yang melecehkan pria walaupun ada kasusnya sangat dan sangat jarang sekali lagi…itu pendapat gw…tapi nyambung gak sih ya….lier wei…

    wahhhahaahhahaah……..iya yahlaki-laki kl dilecehkan secara seksual oleh wanita malahan seneng yak ;ptp pernah baca dikoran kl diindia pernah 1 laki-laki diperkosa oleh 3 wanita sekaligusitu bukannya silaki-laki malahan kesenengan ….hihihihihi ;p

  6. sorayalannazia said: silaki-laki malahan kesenengan ….hihihihihi ;p

    tergantung…siapa yang melakukannya kalo kayak model kayak mpok nori mah gah tapi kalo model kaya neng aya sih….mau duong….hehehehe…

  7. blackpro said: tergantung…siapa yang melakukannya kalo kayak model kayak mpok nori mah gah tapi kalo model kaya neng aya sih….mau duong….hehehehe…

    huuuuuuuuuuuuu………..milih!mana aja org mau diperkosa bisa milih!!!dasar ;p

  8. Prihatin juga ya…. mungkin motto hidup orang2 kaya gitu ambil kesempatan sebanyak-banyaknya dari kesempitan yang dideritanya… tapi syukur deh teh.. kan dah ada MIO tinggal tunggu anter jemputnya aja…..

  9. saloute said: Prihatin juga ya…. mungkin motto hidup orang2 kaya gitu ambil kesempatan sebanyak-banyaknya dari kesempitan yang dideritanya… tapi syukur deh teh.. kan dah ada MIO tinggal tunggu anter jemputnya aja…..

    iya ;)doain yah biar cepet dateng supir pribadinya ;p

  10. dulu, waktu SMA dijakarta aku ngalamin semua yang dialamin sama indah…, tapi perasaan dulu aku galak banget , jadi klo ada yg aneh2 gitu orangnya langsung aku pelototin , kadang2 malah langsung tak pukul, biar aja orang2 pada ngeliatin biar tau rasa…:-). Sekarang klo diinget2 kok aku-nya nekat juga ya…🙂

  11. yennys said: dulu, waktu SMA dijakarta aku ngalamin semua yang dialamin sama indah…, tapi perasaan dulu aku galak banget , jadi klo ada yg aneh2 gitu orangnya langsung aku pelototin , kadang2 malah langsung tak pukul, biar aja orang2 pada ngeliatin biar tau rasa…:-). Sekarang klo diinget2 kok aku-nya nekat juga ya…🙂

    waduh….;ppemberani ternyata si teteh ini ;pajarin donks ;p

  12. mba aya,ngeri banget siiy pengalamannya…???*belom berani ah dewean di jekate…selama ngebis di yk pernah beberapa kali nemuin kondektur nakal,kalo dah nyentuh gitu biasanya ngindar or kl berasanya sengaja langsung aja neplak/nyikut tuh kondektur..trus TuruN.*galak yah :D…biarin dari pada,risih..ga rela juga la.+ pake baju yang rada longgar + jilbab ga diikat kebelakang or ransel didepan.

  13. ekape said: mba aya,ngeri banget siiy pengalamannya…???*belom berani ah dewean di jekate…selama ngebis di yk pernah beberapa kali nemuin kondektur nakal,kalo dah nyentuh gitu biasanya ngindar or kl berasanya sengaja langsung aja neplak/nyikut tuh kondektur..trus TuruN.*galak yah :D…biarin dari pada,risih..ga rela juga la.+ pake baju yang rada longgar + jilbab ga diikat kebelakang or ransel didepan.

    bagus kl kamu galak ;)aku udh stop naik bus ;psekarang naik mio aja bisa santaigak perlu pasang muka serem ;pcapek pasang muka serem ;psecara muka kita manis gitchu…..kikikikiki ;p*dilarang muntah yah*

  14. sorayalannazia said: sirik aja nih ;p

    Masyaallah gw di bilang sirik…berarti gw dah menduakan Allah dong, tapi kapan…????wah kalo gitu gw harus segera bertobat…

  15. blackpro said: Masyaallah gw di bilang sirik…berarti gw dah menduakan Allah dong, tapi kapan…????wah kalo gitu gw harus segera bertobat…

    bentar lg mo lebaran nih!makanya byk2 bertobat selama bulan puasa!!! ;pbyk2 sholat!byk2 ngaji!byk2 berzikir! jgn main mulu ;p

Leave a Reply

