Terjadinya Kekentalan Darah dalam Tubuh

KE KENTALAN DARAH DALAM TUBUH, MENGAPA TERJADI???

Ada satu pertanyaan yang masuk ke mailbox saya, yaitu “Mengapa harus minum air putih banyak-banyak..?”

Well, sebenarnya jawabannya cukup “mengerikan” tetapi karena sebuah pertanyaan jujur harus dijawab dengan jujur, maka topik tersebut bisa dijelaskan sbb:

Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air.

Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%.Dua

organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah : Otak dan Darah. !!

Otak memiliki komponen air sebanyak 90%,

Sementara darah memiliki Komponen air 95%.

Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas sehari.

Jumlah di atas harus ditambah bila anda seorang perokok.

Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.

Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari…?

Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Caranya…?

Dengan jalan “menyedot” air dari komponen tubuh sendiri.Dari otak…?

Belum sampai segitunya (wihh…bayangkan otak kering gimana jadinya…),

melainkan dari sumber terdekat : Darah. !!

Darah yang disedot airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang yang encer.

Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah)

Ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah.

Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal.

Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan 400.000 rupiah seminggu untuk cuci darah


Eh, tadi saya sudah bicara tentang otak ‘
kan…?

Nah saat darah kental meng alir lewat otak, perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi “encer”, dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen,

Lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya..(ya wajarlah namanya juga kurang makan…)

Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah berat bila darah mengental…),maka serangan stroke bisa lebih lekas datang


Sekarang tinggal anda pilih: melakukan
“investasi” dengan minum sedikitnya 8 gelas sehari- atau- “membayar bunga” lewat sakit ginjal atau stroke.

Anda yang pilih…!

sumber : dpt dari email temen
pic : ceritanya soraya lagi minum

31 thoughts on “Terjadinya Kekentalan Darah dalam Tubuh

  1. reipras94 said: aku malah di kantor sedia tempat air tupperware capasitas 3 liter….dan biasanya seharian dari jam 7.00 ~ 18.00 habis tandas……

    gak kebayang berapa seringnya kekamar mandi ;paku jg lg usaha spy tetep bisa minum 8 gelas sehari!aku gak suka taro minuman dibotol, airnya jadi dinginsuka air anget diruangan AC spt ini😉

  2. windageulis said: barusan gue dapet sms klo sodara gue kena stroke udah 11 hari dan skarang dirawat di rumah sakit bintaro hiks sedih

    haduh….ikut sedih jadinya!jgn sampe kita ngalamin spt itu yah!smoga saudaramu bisa sembuh lagi!

  3. beneran ini…saudara saya ada yg kena darah kental…keguguran wkt hamil kemarin..skrg sih lagi hamil lagi…tp kudu di suntik biar daahnya ga kentall..ty ya jeng artikelnya touuuuuuuuuuuuuubbbbbbbbbbb

  4. Iyaa bener Aya, penting banget air. Dulu aku ada batu ginjal beberapa lili, trs aku terapi air setiap bangun tdr, sblm sholat subuh, aku minum, 2 liter air tapi bertahap. Eh cespleng , pas di scan batunya wuis amblas

  5. himma said: iya ya…bener..abi aja pernah ngalamin sakit ginjal duuuh kasihan..makanya sekarang air putih sebanyak banyaknya…..

    aduh…..abi jaga kesehatan donk!!!gawat tuh kl ginjal yg sakit diumur yg blm tua ini!mba diingetin terus abinya spy hidup sehat!!!

  6. laymira88 said: beneran ini…saudara saya ada yg kena darah kental…keguguran wkt hamil kemarin..skrg sih lagi hamil lagi…tp kudu di suntik biar daahnya ga kentall..ty ya jeng artikelnya touuuuuuuuuuuuuubbbbbbbbbbb

    oh yah……..serem bgtttttttttt!!!alhamdulillah kalo bisa ngebantuin😉

  7. d3saint said: waduh gw nih yang sering lupa minum air putih, eh kalo kopi dan teh diitung nggak? gw bisa 4 gelas sehari soalnya… kebiasaan buruk *keluh*

    teh or kopi jgn diitung!itu bukan air putih yg dapat mengencerkan darah!coba diusahakan….mumpung masih muda, kl udh tua udh gak bisa diperbaiki lagi!!!ayo ayo yg semangat!!!mumpung masih muda!!!!

  8. hafidah said: Aya..ma kasih telah ngingetin ya…fida di kantor paling males minum, ac nya dah dingin bangett sih,kl minum muluw jadi beser terus🙂

    dikantorku juga dingin bgt ACnya…disini yg tinggal eskimo ;pcoba minum air hangat aja kan ada dispenser kan!aku jg beser mulu, tp itu lbh baik daripada gak bisa buang air kecil ….hayoooo!hrs dioperasi kantung kemihnya ngimana tuhhhh!!!!kl mo pipis jgn sering ditahan jg!aku lbh gawat setiap abis 1 gelas, bawaannya mo kebelakang mulu.capek memang tp itulah investasi kesehatan utk masa tua nnt ;))gak ada sesuatu hal yg mudah didapat utk menjadi org baik dimata Allah dan menjadi org yg sehat dimasa tuanya😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s