“Serabi Solo”

Description:
Beberapa hari kemarin, si bos pulang dari maksinya diluar bawain makanan dari “Dapur Solo”
salah satunya “Serabi Solo” ini!!!

ternyata beda yah sama serabi bandung yg pake cairan gula merah, ini pake meises….enak enak enak ;))
waktuku ke Solo cuma belanja daster batik n beli kerak aja abis cm bentar disana.

nyari resepnya eh….ketemu!
kali aja ada yg kangen sm serabi solo ;p

Ingredients:
Bahan:

250 gr tepung beras
1/2 sdt garam
1/2 sdt ragi instant
1/2 sdt vanili bubuk
1 butir telur ayam, kocok lepas
115 gr gula pasir, larutkan dalam 200 ml air hangat
275 santan encer
125 santan kental

taburan:
keju parut
meisjes

Directions:
Cara:

– campur tepung beras, garam, ragi instant dan vanili bubuk, aduk rata.
– masukkan telur, aduk rata.
– tuang larutan gula sedikit sedikit, aduk terus sampai adonan menjadi licin dan halus,
– tambahkan santan encer, aduk lagi. sisihkan.
– panaskan wajan kecil, beri minyak sedikit, oleskan rata supaya wajan tidak lengket.
– tuangkan 1 sdk sayur adonan, ratakan.
– taburi keju/meisjes, tutup.
– setelah 1/2 matang beri 1 sdm santan kental di atasnya, ratakan.
– diamkan hingga matang.
– angkat dan sajikan hangat.

sumber: femina

39 thoughts on ““Serabi Solo”

  1. myshant said: hua …serabi solo emang top, apalagi yg topingnya nangkabeli ajalah Ya, cuman seribuankalau beli 50 biji (patungan) bisa didelivery ke kantor🙂

    oh yah…..aduh bisa tmbh endut nih aku abis enak bgt ;palamatnya mba shant tau gak?

  2. cipzy said: mba.. kalo di samarinda.. makannya pake kuah gitu dari gula merah.. ada gak yang gini di solo?murah banget yah harganya!

    iya itu sama aja kyk serabi bandungaku jg baru tau sekarang ;pgak ngerti deh hrgnya berapa

  3. be2ny said: kalau srabi nggak ada kuah, kurang yummie…

    tp blm coba serabi solo ini kan!aku jg pertama kali liat juga spt itu, tp pas dimakan enak bgt!!!serabinya udh manis n pake topping keju dan meises….enakkkkkkkkkkk

  4. cipzy said: ude pernah si nyobain serabi kemarau gini.. teteup lidahku gak nerima :Dmang harus pake kuah dulu hehehe

    kok namanya serabi kemarau sih ;pyah selera org beda-beda kali yah😉

  5. ya kemarau mba.. kan lagi musimnya sekarang :Dbener kan.. serabi gak pake kuah.. jadi kemarau uuweuwueuweuweyap yap.. taste orang beda”.. btw thx resepnyah..jadi pengen huhuhuhu

  6. cipzy said: ya kemarau mba.. kan lagi musimnya sekarang :Dbener kan.. serabi gak pake kuah.. jadi kemarau uuweuwueuweuweyap yap.. taste orang beda”.. btw thx resepnyah..jadi pengen huhuhuhu

    oh gitu…..hahahahhahahaada-ada aje kasih nama masakan kyk begitu, nnt marah tuh yg bikin resepnya ;pudh beli aja sana gih drpd ngences disini ;p

  7. sorayalannazia said: keris gallery dimana tuh???yg jln menteng utama itu???

    iya..yg di mentengtapi denger2 katanya mau pindah siy …getao kemanaayo mumpung belum pindah🙂

  8. d3saint said: surabi bandung? hmm kalo surabi imut yang di bandung sih ada yang pake coklat, ada yang pake telor, sosis, bertabur keju…. nyam!

    oh yah????coba difoto bentuknya kyk apaan tuh???

  9. sorayalannazia said: oh yah????coba difoto bentuknya kyk apaan tuh???

    wah nggak sempat motret loh, lagian kalo kesana sendirian bete di nunggu…liat aja di sini: http://blog.raditya.net/?p=100kalo nggak salah gambarnya sih surabi enhai, hampir sama tempatnya pun berdekatan. Tapi memang surabi imut pelopornya, setelah itu bermunculan surabi enhai, surabi arab… dengan racikan yang agak sama.Tertarik ke bandung buat wisata kuliner?😀

  10. d3saint said: wah nggak sempat motret loh, lagian kalo kesana sendirian bete di nunggu…liat aja di sini: http://blog.raditya.net/?p=100kalo nggak salah gambarnya sih surabi enhai, hampir sama tempatnya pun berdekatan. Tapi memang surabi imut pelopornya, setelah itu bermunculan surabi enhai, surabi arab… dengan racikan yang agak sama.Tertarik ke bandung buat wisata kuliner?😀

    iya gw udh liat tuh!!!wah kyknya enak bener yak!!!kapan yah gw bisa kebandung….huhuhuhuhu!*ngayal dl*

  11. sorayalannazia said: kak sikrit itukan roti (pake terigukan) bukan tempe ;p

    Makanya aku sblmnya heran, kok ragi tempe masuk ke situ kekekkeke..sory Aya..gk mudheng aku😉

  12. serabi solo itu salah satu kekayaan kuliner kita yang bisa di modernisasi, serabi solo itu artinya serabi (solo=satu),kalo pada umumnya kan serabi itu pake kuah soalnya adonannya garing dan asem kayak apem gitu ,nah ini di praktisin lagi serabi jadi satu dengan santan dan diberi aneka toping,mmm lezat ,siapa yang gak pernah ngerasaiiin berarti katrrrook pooll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s