Mengambil makna dari film “Jewel in The Palace”

Hari ini jam 17.00 adalah episode terakhirnya “Jewel in The Palace”
Ada 72 episode yg ditayangkan di Indosiar. Biasanya film korea ditayangkan diIndosiar cuma sampai 20an episode.
Film ini sangat berbeda dari film
Korea yg lain. Bukan hanya berdasarkan kisah nyata tp juga dari setting Korea jaman dahulu, tema tentang kehidupan dan betapa dedikasinya seseorang terhadap pekerjaannya.

Jang-geum itu nama tokoh utama yg sangat kuat dimainkan oleh Lee Young Ae, watak yg keras, gigih, pantang menyerah, santun dan sangat berani utk menentang semua peraturan yg merugikan orang tertentu. Dia adalah wanita pertama yg menjadi tabib raja dimana saat itu wanita tdk boleh lebih tinggi dari laki-laki.

Dari film ini kita bisa tau betapa kotornya politik itu. Niat baik seseorang bisa diartikan sebaliknya. Bayangkan dari dapur istana (tempat pertama kali jang-geum memulai karirnya) bisa mempengaruhi keseluruhan tatanan politik Negara.

Kegigihan dan kerja kerasnya itulah yg membuatnya bertahan dalam hidupnya yg penuh dengan ancaman penjara, diasingkan dan dibunuh. Dia telah menolong ratusan orang dari penyakit yg sebelumnya tidak dapat diketahuan dan dideteksi oleh para tabib yg lain.

Dan juga ada dukungan penuh dari kekasih Jang-geum, yaitu Min-ho yg tidak memandang Jang-geum sebelah mata dan mendukung kekasihnya itu untuk menjadi tabib istana no.1 dgn mengorbankan dirinya utk diasingkan ke pulau yg lain. Makanya kita harus terus mendukung orang yg kita cintai (bukan hanya kekasih, adik, ortu) utk mencapai cita-citanya

Satu pesan moral yg disampaikan dalam film ini :
“jika kau mau, belajar dan gigih, maka kau pun bisa mencapai cita-cita yg diinginkan”

Jang-geum yg awalnya dayang istana bisa belajar ttg pengobatan karena dia ingin balas dendam dan membuktikan kalau dirinya tidak bersalah. Kita seharusnya bisa melakukan hal seperti itu.

Hidup ini memang susah untuk dijalani, tp kalau kita punya tekad. Maka seorang dayang istana yg benar-benar buta pengobatan bisa menjadi tabib istana no.1 pd saat wanita dianggap tak layak utk diposisi itu.

Jadi TETAP SEMANGAT YAH untuk mencapai cita-cita kita

Mo liat resensi film ini liat disini aja

14 thoughts on “Mengambil makna dari film “Jewel in The Palace”

  1. aku sebenarnya tidak suka film-film kayak gituan, tapi kali ini lain, jadinya ngikuti terus meski terlambat. menurutku film ini bagus, sangat bagus bila dibandingkan film-film seri import.

  2. imamisnaini said: aku sebenarnya tidak suka film-film kayak gituan, tapi kali ini lain, jadinya ngikuti terus meski terlambat. menurutku film ini bagus, sangat bagus bila dibandingkan film-film seri import.

    iya bgt banget!sgt education lg….keren bgt pokoknya!kl ketinggalan beli aja VCDnya udh beredar kok!

  3. menhariq said: udah lama ga nonton tipi.. xixixiii

    ntn aja sekali-kali…yg bagus-bagus aja.film korea lg byk bgt di indosiar…hampir semua bagus2 dan tdk ada sistem yg diperpanjang2 krn rating tinggi. jd kualitas cerita sgt terjaga.film korea jg sgt natural dan tdk memaksakan kehendak spt main dukun, membunuh saudara sendiri or ibu tiri kejam.penyelesaian cerita jg sgt tak terduga dan gak biasa….pokoknya keren bgt!sekarang Jewel diganti sm filmnya Agnes monica yg main film sm artis Taiwan.kurang suka film Taiwan hampir sama kyk sinetron kita.hiks…film korea yg bagusnya malahan puter jam 4 lg. mana bisa gw ntn tuh!!!

  4. aisyahputri said: aku juga sukaaa…sampe aku suka di ledekin sama orang rumah, “uut kalo nonton jang geum serius amat, tempat duduknya VIP pulak”hehehehehehe😉

    wahahhaha…iya aku juga tuh!pulang kantor cepet2 ampe ngebut utk ngejar mulainya film jang-geum…hihihi!diajak ngobrol jg gak peduli bahkan aku bil mereka utk stop ngomong, merusak kehikmatan nonton….wakakakkkk!tp sekarang tdk…..hiks!penggantinya gak rame…film taiwan sih gak seru!film korea yg bagus “sorry i love u” jam 4 lagi…hiks…baru keluar dr ktr jam 4 coba!aduuuhhhh….indosiar ngimana siiiiiiihhhhhh!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s