Inikah rasanya?

Pagi hari biasanya toilet wanita di kantorku tuh penuh bukan main. Ada yg lagi sibuk ke belakang, ada yg sibuk dandan, ada yg sibuk benerin bajunya or sekedar cuci tangan untuk sarapan, seperti saat ini aku sedang cuci muka karena debu polusi udara Jakarta.

Tiba-tiba ada seorang ibu yang biasanya terlihat cantik pagi-pagi tapi pagi ini ku lihat dia berjaket, aroma balsem yang kuat, muka sangat pucat dan tanpa make up yang biasanya menempel diwajahnya yang masih keliatan muda. Langsung dia muntahkan hampir semua isi perutnya dan hampir semua ibu-ibu disana mencoba untuk memijat bahunya.

Aku penasaran dan bertanya “ Ibu kenapa, sakit apa?”

Ibu yang disitu bil “ biasa morning sickness udh mau 2 bulan”

“ooooo” kataku tercengang melihat betapa tersiksanya dia.

Akupun banyak tanya ke ibu-ibu disitu ttg kehamilan, “kok kayaknya tersiksa bgt sih, tp temenku pernah bil kalo dia mau hamil lagi”.

Tidak setiap orang seperti ini, ada yg maunya muntah-muntah mulu, gak bisa cium bau suami, ada yang gak kuat bau masakan, dll, tp ada yang tidak ada masalah dan tidak ngidam apapun., kata ibu itu menjelaskan panjang lebar.

“Kakak sepupuku sampe kapok hamil untuk kedua kalinya, krn melahirkan anaknya yang pertama seperti antara hidup atau mati”, katanya

“memang, tapi rasa sakit itu akan hilang setelah liat anaknya keliatan cantik, sehat, lengkap, jadi usaha kita terbayar dengan mendengarnya menangis dengan kuat” kata ibu itu yang sudah punya 2 anak yg sedang kuliah.

“oooh gitu” kataku.

Setiap aku jenguk kakak sepupu atau saudara yg baru melahirkan rasanya ngilu sekali melihat mereka. Rasa letih dan sakit kerap mereka rasakan. Duduk dengan benar saja untuk makan tidak bisa, menyusui pertama kali anaknya aja ada rasa perih dan ngilu, hanya bisa berbaring dan tidur seharian.

Ada rasa takut dipikiranku, aku pasti akan melewati episode kehidupan itu, “Addduhhh jadi takut rasanya”. Tapi ada kata-kata dari ibu itu yang bil “lebih baik spt itu drpd gak bisa hamil!”

“benar juga yah” kataku agak kaget dengan pernyataan itu

Melahirkan seorang manusia kedunia ini adalah sebuah anugerah tak terkira yang diberikan kepada seorang wanita. Karena kelebihan kita ini, wanita dihormati dan dijunjung tinggi.

Akupun teringat oleh kisah Nabi Muhammad sewaktu dirinya ditanya oleh sahabatnya “siapa orang pertama yang harus kita cintai”

Nabi menjawab “ ibumu”

Sahabat bertanya lagi “ siapa orang kedua yang harus kita cintai”

Nabi menjawab “ ibumu”

Nabi tetap menjawab, Ibu sampai 3 kali dan untuk ke-4 kalinya baru Ayahmu.

Sebegitu tinggi posisi ibu dihadapan Allah sekalipun. Bahkan ada firman Allah kalau kau mencintai kedua orang tuamu maka kau juga mancintai-Ku.

Huf …ibu…..Maafkan aku!

29 thoughts on “Inikah rasanya?

  1. agungks said: Never Do Never Know😉

    ya iyalah…cuma nanem saham doang!!!pas istrinya mau melahirkan mayoritas laki2 gak kuat ngeliatnya…huuu…ini yg disebut “pejantan tangguh”

  2. sorayalannazia said: pas istrinya mau melahirkan mayoritas laki2 gak kuat ngeliatnya…

    saya ngeliat sendiri anak2 saya keluar dan memeluk dunia…..darah merah segar muncrat kemana2amazing experiences but less than my wife had after nine months of carrying a human being

  3. sorayalannazia said: Tidak setiap orang seperti ini, ada yg maunya muntah-muntah mulu, gak bisa cium bau suami, ada yang gak kuat bau masakan, dll, tp ada yang tidak ada masalah dan tidak ngidam apapun.

    jadi inget tanteku yang lari ketakutan pas ada tukang gorengan mau lewat didepan rumah. padahal jaraknya ada kali 500 meter. kirain ada apaan. ternyata beliau takut muntah-muntah kalo nyium bau gorengan…(lagi hamil 1 bulan)

  4. uswah99 said: jadi inget tanteku yang lari ketakutan pas ada tukang gorengan mau lewat didepan rumah. padahal jaraknya ada kali 500 meter. kirain ada apaan. ternyata beliau takut muntah-muntah kalo nyium bau gorengan…(lagi hamil 1 bulan)

    hahhahaha…iya org ngidam macem2 n aneh2!kl mamaku pas hamil saya, dia gak suka dirumah katanya bau, maunya jalan-jalan. jadi deh anaknya yg suka bgt jalan2…hahahahha

  5. sorayalannazia said: hahhahaha…iya org ngidam macem2 n aneh2!kl mamaku pas hamil saya, dia gak suka dirumah katanya bau, maunya jalan-jalan. jadi deh anaknya yg suka bgt jalan2…hahahahha

    oooo pantesss…..

  6. bundakirana said: iya, sana…sungkem ama Ibu…sakit tau:)

    udah tadi malem…alhamdulillah diterima maafnya biarpun dengan adu argumentapi hasilnya melebihi apa yang saya harapkan.bahkan bisa memecahkan masalah yg lainmgk dgn niat yg lurus dan tulus semua masalah yg rumit akan dibantu oleh Allah utk mengurainya.alhamdulillah…makanya hari ini ku senang sekali bunda*hug bunda*

  7. Ya, pengalaman saya waktu hamil sih alhamdulillah pisan nggak pake mual-mual ato sebel sama suami sama apapun, fun banget deh…Tapi melahirkan tiga kali, tiga pengalaman yang berbeda, pertama nyaris 24 jam dari mulai kontraksi sampe melahirkan, kedua pake induksi karena telat hampir 2 minggu dari perkiraan, ketiga pake caesar. Tapi yang bikin saya nangis adalah menyusui, pengalaman melahirkan sih tetep fun (apalagi semuanya ditungguin si Aa)…Tapi Ya, Aya…yang paling susah dan mengeluarkan banyak air mata adalah ngegedeinnya…Tapi (lagi)…saya nggak mau menukarnya dengan apapun di dunia ini…So…nanti Aya ngalamin sendiri deh betapa amazing-nya being a mother…

  8. sorayalannazia said: Bahkan ada firman Allah kalau kau mencintai kedua orang tuamu maka kau juga mancintai-Ku

    Betul mbak, “orangtua adalah Tuhan yang kelihatan” karena melalui kedua ortu kita Tuhan menyayangi kita…..dari bayi merah yg ga bisa apa2, hingga kita besar begini……Pengalaman melahirkan adalah pengalaman yg paling indah, karena sampai saat ini tdk ada satupun org yg bisa mendeskripsikan dgn jelas “rasa sakit” saat melahirkan….hanya dgn merasakan sendiri kita baru tahu rasanya sakit saat melahirkan….Dan satu hal yg pasti, Ibu & bayi tuh sama2 berjuang dalam proses kelahiran utk bisa keluar ke dunia…….bayiku dulu sangat membantu aku saat proses kelahiran…saya dpt merasakan bgmn dia juga berusaha utk cepat2 melalui proses ini dan menghirup segarnya udara di dunia………

  9. bunebam2 said: sampai saat ini tdk ada satupun org yg bisa mendeskripsikan dgn jelas “rasa sakit” saat melahirkan….hanya dgn merasakan sendiri kita baru tahu

    gitu yah ….. mmmmmmudah2an kalo udah hamil (aduh nikah aja blm), proses melahirkannya gak sampe sakit dan bermasalah….hik hik hik kl sampe sakit dan sampe pendarahan aduuuhhh….

  10. bunebam2 said: sampai saat ini tdk ada satupun org yg bisa mendeskripsikan dgn jelas “rasa sakit” saat melahirkan….hanya dgn merasakan sendiri kita baru tahu

    gitu yah ….. mmmmmmudah2an kalo udah hamil (aduh nikah aja blm), proses melahirkannya gak sampe sakit dan bermasalah….hik hik hik kl sampe sakit dan sampe pendarahan aduuuhhh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s