Sama-sama Makhluk Allah, Kenapa Anjing Najis?

Penajisan anjing adalah semata-mata berdasarkan syariat yang Allah turunkan. Sehingga tidak ada kaitannya, dengan kenyataan bahwa anjing adalah sama-sama makhluk Allah SWT. Analogi ini sama saja berlaku seperti pertanyaan, kenapa saudara kandung tidak boleh menikah, bukankah mereka juga sama sama manusia pria dan wanita? Kenapa pembagian warisan untuk laki-laki banding perempuan adalah dua banding satu? Dan semacamnya.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu kami uraikan di sini:

1. Najisnya Anjing Para ulama berbeda pendapat tentang najisnya anjing dalam hukumnya. Secara ringkas kami bisa kami sebutkan sebagai berikut:

a. Madzhab Hanafi Mereka berpendapat bahwa anjing secara zatnya adalah mahluk yang suci. Madzhab Hanafi berpendapat yang najis hanya air liur di sekitar mulut dan hidungnya dan juga kotorannya.

b. Madzhab Maliki Madzhab Maliki lebih ringan lagi. Menurut mazhab ini yang merupakan najis dari anjing hanya kotorannya sebagaimana binatang lain.

c. Madzhab Syafi‘i dan Hambali Adapun Madzhab Syafi‘i dan Hambali berpendapat bahwa anjing adalah binatang najis secara keseluruhannya.
Pendapat yang kuat adalah pendapat Madzhab Hanafi, sesuai dalil ayat dan hadits berikut:

“Mereka menanyakan kepadamu: “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah: “Dihalalkan bagimu yang baik-baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang buas (anjing) yang telah kamu ajar dengan melatihnya untuk berburu, kamu mengajarnya menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu, Maka makanlah dari apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah atas binatang buas itu (waktu melepasnya). Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat cepat hisab-Nya”(QS Al-Maa-idah 4)
Najisnya tergolong najis mughallazhah atau najis yang berat, karena itu tidak cukup mensucikannya hanya dengan air saja, tapi harus tujuh kali dan salah satunya dengan tanah. Hal itu sesuai dengan petunjuk langsung dari Rasulullah SAW terhadap masalah najis anjing.

Sabda Rasulullah SAW: “Pensucian bejana seorang diantara kalian, jika terkena hirupan anjing adalah dicuci tujuh kali salah satunya dengan tanah” (HR Muslim).

“Dari Abu Hurairah ra. Berkata, Rasulullah saw. Bersabda:” Jika anjing menjilat pada bejana seorang darimu maka buanglah (airnya) kemudian cucilah tujuh kali” (HR Muslim).

Hadits ini menguatkan pendapat Madzhab Hanafi bahwa yang najis hanya air liur di sekitar mulut dan hidung. Dan air yang kena jilatan anjing, maka menjadi najis oleh karena itu Rasulullah saw. Menyuruh membuangnya.

Ahmad Sarwat Lc.

sumber : www.eramuslim.com

6 thoughts on “Sama-sama Makhluk Allah, Kenapa Anjing Najis?

  1. yaa jikalau anjing banyak membantu pekerjaan kita, seperti menjaga kemanan dan lainnya, kenapa sih kita gak sussah sedikit utk membasuhnya dgn tanah ketika akan ibadah…? yg penting kan hubungan dgn makhluk ini tidak dilarang kayak ke ibab…..:) makasih jurnal islaminya mbak…

  2. iwan95 said: Hmmm….kirain ada penjelasan ilmiahnya jugakayak kemarin soal knapa babi harambut thanx anyway :)ditunggu jurnal brikutnya🙂

    wah …aku cr artikel ini aja susah bener!aku jg lg nyari dr segi ilmiahnya!bantuin donk mas iwan, jgn tolak pinggang aja donk!abis aku lg ditanyain sama temenku yg non muslim nih!

  3. siipot said: yaa jikalau anjing banyak membantu pekerjaan kita, seperti menjaga kemanan dan lainnya, kenapa sih kita gak sussah sedikit utk membasuhnya dgn tanah ketika akan ibadah…? yg penting kan hubungan dgn makhluk ini tidak dilarang kayak ke ibab…..:) makasih jurnal islaminya mbak…

    mmm repot kali yah setiap mo sholat basuh dl pake tanah. jg ada fatwa kl bukan utk keamanan or utk berburu kan gak boleh!tp bukan aku yg bil yah mas. aku jg lg cr2 artikelnya dr segi kesehatan nih!bantuin donk mas ipot…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s